Sang Guru Ngaji yang Jadi Pimpinan Parlemen

Tidak ada komentar 197 views
M Afif (nomor 3 dari kiri) saat detik-detik pengambilan sumpah sebagai pimpinan DPRD Kota Semarang.

SEMARANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang Muhammad Afif, Lc secara resmi menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Semarang masa jabatan 2019-2024.

Pengambilan sumpah dan janji tersebut dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Kota Semarang dengan agenda pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD pada Selasa (24/9/2019) di ruang paripurna DPRD Kota Semarang.

Selain menetapkan Afif,rapat paripurna juga menetapkan Kadarlusman dari PDI Perjuangan sebagai Ketua DPRD kemudian wakil ketua DPRD Mualim dari Partai Gerindra dan Wahyoe Winarto dari Partai Demokrat.

Muhammad Afif sendiri memiliki latar belakang sebagai seorang guru ngaji. Tercatat, Afif yang kini tinggal di Jalan kenanga RT02 RW02, Kelurahan Gedawang, Banyumanik, Kota Semarang ini merupakan alumni MTs dan MA di Pondok Pesantren Ibrohimiyyah, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.

Tak hanya itu, sekolah Agama Afif juga dilanjutkan saat dirinya menempuh studi di Universitas Muhammad Ibnu Saud, Saudi Arabia cabang Jakarta (LIPIA). Di kampus LIPIA, Afif menempuh program D3 I’dad Lughowi dan Takmiliy atau jurusan Bahasa Arab. Setelah lulus D3, Afif kemudian melanjutkan jurusan S1 Fakultas Syariah di kampus yang sama.

“Pertama kami ucapkan terimakasih atas dukungan, doa kepada kader dan masyarakat Kota Semarang atas pelantikan kami, kedua, untuk diketahui, ini tidak pernah terlintas di pikiran kami, kemudian dilantik menjadi pimpinan, namun kami pahami ini amanah yang diberikan masyarakat kepada saya dan akan saya laksanakan sekuat tenaga dan terus belajar,”katanya usai pelantikan pimpinan DPRD Kota Semarang.

Lebih lanjut, Afif kemudian menceritakan latar belakang dirinya yang seorang alumni pesantren yang biasa berdakwah sebagai guru ngaji, namun kini mendapatkan amanah menjadi pimpinan parlemen.

“Saya ini dari guru ngaji, dari pesantren, kemudian setelah menyerap ilmu, terus aktif berdakwah di tengah masyarakat, kemudian saya mendapatkan amanah ini, ini tidak pernah terlintas menjadi pimpinan, kami mohon doa diberikan kekuatan dan kesehatan,”ungkap pria kelahiran Demak 21 Mei 1966 ini.

Secara internal, Afif berjanji akan segera berkoordinasi dengan pimpinan lainnya dan anggota fraksi PKS untuk mewujudkan DPRD Kota Semarang yang berprestasi.

“Yang harus berikutnya kita akan koordinasi secara internal dengan teman-teman fraksi PKS, kemudian dengan teman-teman yang lainnya bekerja sama membantu kepemimpinan ini supaya bisa berjalan dengan baik kemudian bisa menjalankan visi dan misi DPRD yang telah dibuat, kemudian menjadi DPRD yang berpestasi,”pungkasnya.

Video Profil Muhammad Afif

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sang Guru Ngaji yang Jadi Pimpinan Parlemen"