DPRD Kota Semarang Dorong Pemerintah Optimalkan Lumbung Pangan Sampai Tingkat RT

SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mendorong Pemerintah Kota untuk mengoptimalkan Lumbung Kelurahan.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Muhammad Afif mengapresiasi ide Pemkot Semarang membentuk Lumbung di setiap kelurahan. Namun, upaya tersebut harus menyeluruh hingga tingkat Rukun Tetangga (RT).

“Lumbung ini bagus idenya, tapi saya berpendapat, jangan hanya di kelurahan, tapi juga sampai tingkat RT,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, dikutip dari beritajateng.net, Senin (11/5/2020).

Menurut Afif, pemerintah kota diminta mendorong hingga struktural paling bawah, karena tingkat RT adalah yang paling mengetahui data dan kondisi warganya.

“Tujuan Lumbung tingkat RT ini untuk mengcover apabila ada warga yang tidak mendapatkan bantuan dari Pemkot Semarang, padahal terdampak Covid-19. Misalnya, PKL, pegawai yang dirumahkan, atau warga yang tidak bisa beraktifitas karena Corona. Jadi bisa meringankan beban warga terdampak Covid-19,” katanya.

Tak hanya itu, Afif juga mengusulkan agar Bantuan Sosial dari berbagai pihak seperti dari Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa tengah, Pemkot Semarang dan pihak swasta untuk dikelola dan dijadikan satu untuk kemudian dibagikan secara merata kepada warga terdampak Covid-19 dan warga miskin.

“Catatan dewan, bansos itu harusnya dijadikan satu. Agar ada pemerataan. Saya berpendapat agar bantuan-bantuan itu dihimpun jadi satu, kemudian dipecah dan dibagi rata,” lanjutnya.

Menurutnya, pendataan dan koordinasi yang dilakukan perangkat desa terkesan masih lemah.

“Makanya ada laporan, seperti yang terjadi di Tinjomoyo, itu ada penerima bantuan yang sudah meninggal justru masuk daftar penerima, nah ini yang harus di lakukan penyisiran,” imbuhnya.

Sumber: Beritajateng.net

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Kota Semarang Dorong Pemerintah Optimalkan Lumbung Pangan Sampai Tingkat RT"