F-PKS Kota Semarang Soroti Minimnya Pendapatan Pemkot dari Pajak Reklame dan PJU

Sekretaris Fraksi PKS Johan Rifai

SEMARANG – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mengapresiasi capaian Pemerintah Kota Semarang dalam peningkatan pendapatan daerah tahun 2018. Namun demikian, F-PKS menyoroti beberapa hal terkait pendapatan daerah yang belum mencapai target.

Sekretaris F-PKS DPRD Kota Semarang Johan Rifai, Rabu (17/7/2019) di Kota Semarang mengatakan sejumlah target pendapatan daerah Pemkot Semarang tidak mencapai target, seperti target retribusi, pajak reklame dan juga pajak Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Kami mengapresiasi terhadap capaian pendapatan daerah tahun 2018 yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dan berhasil melampaui target yang dicanangkan, namun kami juga mempertanyakan mengapa sejumlah target pendapatan tidak tercapai,”kata dia.

Johan mengungkapkan, sejumlah target pendapatan daerah Pemkot Semarang yang tidak tercapai tersebut diantaranya adalah target retribusi, dimana hanya tercapai sebesar 72,23% dari target yang dicanangkan sebesar Rp 149,2 miliar.

“Selan itu, realisasi pendapatan pajak reklame hanya teralisasi sebesar Rp 24,8 miliar dari target Rp 35 miliar, dan pendapatan dari pajak penerangan jalan umum berkurang dari target Rp229,7 miliar atau hanya tercapai Rp222,5 miliar,”ungkapnya.

Sejumlah pos target pendapatan lain yang tidak tercapai, kata Johan, adalah capaian target retribusi parkir tepi jalan umum yang hanya tercapai 16,2% atau Rp2,4 miliar dari target Rp 15 miliar.“Lalu antisipasi apa jika tidak dapat menggunakan parkir berlangganan,”tandasnya.

Selain itu, Johan mengatakan capaian target retribusi tera ulang hanya 28% dari Rp3,5 miliar atau hanya sebesar Rp1,5 miliar dan capaian target retribusi penggantian cek peta hanya 18,4% dari Rp 101 miliar atau hanya tercapai Rp 1,8 miliar.

“Juga pada dinas pekerjaan umum dan penataan ruang dalam belanja modal terdapat pengadaan lahan, untuk apa dan bagaimana penjelasan terkait ini?,”ungkapnya.

Namun secara umum, pihaknya mengapresiasi capaian pendapatan daerah tahun 2018 yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dan berhasil melampaui target yang dicanangkan.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "F-PKS Kota Semarang Soroti Minimnya Pendapatan Pemkot dari Pajak Reklame dan PJU"