Komisi C DPRD Kota Semarang Dorong Pembangunan Shopping Center Johar Dimulai

SEMARANG — DPRD Kota Semarang mendorong pembangunan Shopping Center Johar (SCJ) segera dimulai. Komisi C DPRD Kota Semarang pun telah meninjau lokasi.

Rencananya, gedung eks Matahari Johar tersebut akan direnovasi untuk menampung pedagang Johar yang belum mendapatkan lapak.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono mengatakan anggaran renovasi eks gedung Matahari Johar tersebut telah disiapkan sebesar Rp 5 miliar.

Dengan anggaran itu, dia berharap, bisa dipakai pedagang dan masyarakat untuk transaksi jual beli. Pihaknya juga meminta Distaru untuk memastikan kelayakan bangunan sebelum dilakukan renovasi.

Kemudian, sarana pendukung lain yang harus disiapkan adalah tempat parkir. Dengan kondisi Johar saat ini, area parkir di basement alun-alun dinilai kurang.

Apalagi, jika SCJ sudah difungsikan tentu perlu area parkir tambahan.

“Kami minta direnovasi sebaik mungkin sehingga pedagang nyaman. Warga yang mau membeli juga meerasa nyaman. Makanya, sarana parkir, keindahan lingkungan jadi prioritas,” terang politisi PKS itu, dikutip dari Tribun Jateng, Sabtu (19/3/2022).

Suharhono juga meminta pemerintah menambah sarana dan prasarana penunjang kemudahan bagi pedagang maupun masyarakat. Terlebih, SCJ berada di lantai 2 – 4. Pedagang dan masyarakat tentu memerlukan energi untuk naik.

“Pedagang biasanya kalau lebih dr lantai 2 agak enggan. Kami harap beri sarpras dan fasilitas yang baik. Ada eksalator, kemarin jalan salah satu. Ke depan kalau sudah renovasi, ekskalator dijalankan semua. Tempatnya cukup luas dan strategis,” katanya.

Pada Maret ini, pembangunan diharapkan mulai berjalan. Dengan masa pembangunan selama tiga bulan, ditargetkan SCJ bisa ditempati pada Juni mendatang.