Kurangi Genangan, Dewan Dorong Pemkot Normalisasi Drainase Utama Jalan Protokol

SEMARANG – Sekretaris Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang Suharsono mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan normalisasi drainase utama di wilayah Kota Semarang, utamanya Semarang bawah.

“Kami mendorong dinas memetakan drainase utama, dilakukan pekerjaan normalisasi seperti di saluran jalan Gajahmada. Terutama diprioritaskan wilayah Semarang bawah. Agar air lancar dan mengurangi genangan di jalan-jalan protokol,”kata Suharsono, dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022) di Kota Semarang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Suharsono usai melakukan pengawasan pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yaitu normalisasi saluran di jalan Gajahmada Kota Semarang sepanjang 300 meter.

Kondisi serupa, kata Suharsono, juga pasti hampir terjadi dibanyak drainase utama di Kota Semarang.

“Komisi C DPRD sudah melakukan pengawasan pekerjaan DPU normalisasi saluran di jalan Gajahmada sepanjang 300 meter, disini pengerukan sedimentasi yang sudah lebih dari 6 tahun belum dilakukan,”ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ini.

Suharsono juga menyarankan Pemkot untuk membuat lubang manhole di setiap 50 meter drainase utama.

“Pembuatan manhole setiap 50 meter agar selanjutnya mudah dilakukan pembersiahan saluran,”pungkasnya.